UJI KOMPETENSI KEAHLIAN DI SMKN 1 SAPTOSARI TAHUN 2019
UJI KOMPETENSI KEAHLIAN DI SMKN 1 SAPTOSARI TAHUN 2019

UJI KOMPETENSI KEAHLIAN DI SMKN 1 SAPTOSARI TAHUN 2019

UJI KOMPETENSI KEAHLIAN (UKK) DI SMKN 1 SAPTOSARI TAHUN 2019 

Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) SMK Negeri 1 Saptosari pada tahun ajaran 2018/2019 berjalan dengan baik sesuai dengan yang direncanakan yaitu dari tanggal 8 april 2019 sampai dengan 26 april 2019.  Di SMKN 1 Saptosari UKK diikuti oleh 337 siswa yang terbagi dalam lima Program keahlian, yaitu Teknik Audio Video (TAV), Teknik Kendaraan Ringan, Tata Busana, Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dan Agrobisnis Pengolahan Hasil Pertanian. Pelaksanaan UKK akan diuji oleh beberapa penguji, baik dari pihak internal sekolah maupun dari pihak Dunia Usaha dan Industri yang telah ditunjuk sebelumnya. Proses pelaksanaan UKK sendiri berlangsung di setiap lab/bengkel jurusan masing masing program keahlian. Koordinator  kegiatan UKK Sri Supraba, S.T, M.Pd mengatakan bahwa, 
“Pelaksanaan UKK di SMKN 1 Saptosari dapat berjalan lancar dan tidak mengalami kendala yang cukup berarti. Hal ini ditandai dengan tahapan yang berjalan sesuai jadwal yang telah di tetapkan.mulai dari pembentukan pantia, verifikasi dari Balai Dinas Pendidikan Menengah Kabupaten Gunungkidul sampai dengan pelaksanaan yang saat ini masih berlangsung. Kami berharap pelaksanaan UKK tahun ini dapat lebih baik dari tahun sebelumnya serta seluruh siswa dapat lulus dalam UKK ini.”
Kepala SMKN1 Saptosari, Dwi Retno Wahyuningsih, S.Pd, M.Hum juga menjelaskan bahwa:
“ Uji Kompetensi Keahlian (UKK) adalah kegiatan assessment untuk menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Pelaksanaan UKK bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai Kompetensi Keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK. UKK dilaksanakan oleh satuan pendidikan dalam bentuk ujian praktik yang menguji aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap. UKK dapat dilaksanakan menggunakan standar yang ditetapkan oleh industri, Lembaga Sertifikasi Profesi, dan/atau perangkat uji yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di tempat-tempat uji kompetensi". Jelas Kepala SMKN1 Saptosari, Dwi Retno Wahyuningsih, S.Pd, M.Hum pada saat memberikan sambutan kepada tim liputan.
Salah satu penguji Eksternal dari Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) Arif Rahmadi dari PT. Media Sarana Data Yogyakarta  juga menjelaskan bahwa pelaksanaan UKK di SMK Negeri 1 Saptosari sudah baik dan para siswa cukup antusias dan penuh semangat dalam mengikutinya.
“Untuk pelaksanaan UKK SMKN 1 Saptosari, khususnya jurusan TKJ saya lihat sudah sangat baik. Kami dari penguji eksternal juga melihat tingkat keseriusan peserta didik dalam mengerjakan soal UKK sangat serius dan teliti. Kami dari perwakilan PT. Media Sarana Data Yogyakarta  mengucapkan terimakasih kepada pihak sekolah yang telah memercayakan kepada kami untuk bergabung dalam menguji anak-anak kita di proses Uji Keahlian Kompetensi (UKK) tahun 2019 ini, Jelas Arif Rahmadi, perwakilan dari PT. Media Sarana Data Yogyakarta  pada saat memberikan keterangan.
SMK Negeri 1 Saptosari selalu berusaha dan terus melakukan perbaikan dalam memberikan pelayanan kepadapeserta didik. Dalam pelaksanaan UKK sendiri, pihak sekolah sepenuhnya bertanggung jawab dalam segi pendanaan demi terlaksananya UKK yang baik dan sesuai harapan. Senin, 13/04/2019. Red. Rcp