www.smkn1saptosari.sch.id (SAPTOSARI). pada hari Rabu, 17 April 2024 S2LC mengadakan kegiatan berbagi praktik baik atau sharing dari Guru Penggerak yang ada di SMKN 1 Saptosari kepada Bapak dan Ibu Guru SKATUSA. Adapun Guru Penggerak tersebut ialah yaitu Ibu Siti Khasanah, S.TP., M.Pd. menyampaikan tentang Coaching, Ibu Nurwastuti Setyowati, S.Pd.I dan Bapak Kusnan, S.Pd. menyampaikan tentang Pembelajaran Berdiferensiasi dan Ibu Cahyani Wuri Utami, S.Pd.,M. Pd. berbagi Aksi Nyata PMM sebagai implementasi dari materi yang disampaikan sebelumnya.
Setelah kegiatan Sharing ini diharapkan Bapak dan Ibu guru berlanjut dengan proses Adapting yaitu mengadaptasi dan mengimplementasikan di kelas masing-masing dengan kreatif dan inovatif serta merefleksikan apa yang telah diimplementasikan sehingga terus ada perbaikan kualitas pembelajaran di SMKN 1 Saptosari.
S2LC (SKATUSA SMART LEARNING COMMUNITY) merupakan komunitas belajar di SMKN 1 Saptosari (SKATUSA). Visi S2LC adalah mewujudkan guru yang kompeten, profesional dan unggul sehingga mampu menyelenggarakan proses pembelajaran dan program pendidikan yang berkualitas dan berpihak pada siswa. Pola/alur proses dalam S2LC adalah SMART (Sharing/Berbagi, Modelling/Mempelajari Model, Adapting/Mengadaptasi, Reflecting/Merefleksikan, Toughening/Menguatkan). Dengan pola ini maka setiap guru akan lebih sistematis dan terarah dalam menyelesaikan berbagai permasalahan pembelajaran yang dihadapi sehingga dampaknya guru akan lebih kreatif serta inovatif dalam menciptakan proses pembelajaran.
Melalui SLC-SMART, setiap guru diharapkan:
• Memiliki pola pikir bertumbuh (growth mindset) karena akan terbiasa berbagi mengenai permasalahan-permasalahan pembelajaran yang dihadapi dan pada saat yang sama akan menemukan solusi-solusi baru dengan sistematis dan terbuka melalui tahap Sharing.
• Memiliki kemampuan resourceful (terbiasa mencari dan mengolah hal dari berbagai sumber) dan memiliki kesadaran untuk berbagi praktik baik melalui tahap Modelling.
• Memiliki kemampuan menganalisa dan mengadaptasi model/solusi yang baik dan cocok sesuai konteks kelasnya dengan lebih kreatif serta inovatif dalam tahap Adapting.
• Memiliki kemampuan melakukan refleksi secara konsisten. Pada tahap Reflecting ini, guru akan mengetahui apa hal yang sudah baik dan yang perlu ditingkatkan.
• Memiliki kemampuan berkolaborasi dan memiliki komitmen untuk menguatkan SLC melalui tahap Toughening.
Anggota S2LC adalah seluruh guru SMKN 1 Saptosari dan terbuka pula untuk guru dari sekolah lain.
Kontributor : Cahyani Wuri Utami, S.Pd., M. Pd
0 Komentar
Untuk mengirimkan komentar silakan login terlebih dahulu!